CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 11 Juli 2008

Fotografi

“Kita semua pasti pernah melakukan kesalahan besar ini: membersihkan kotoran dan noda di lensa dengan baju kita. Lebih parah lagi kalau menggunakan tisu. Not a good idea! Meskipun serat katun kelihatannya lembut, ia masih kasar untuk lensa. Tapi kita tetap saja melakukan ‘dosa’ ini karena sulit mengeluarkan tisu lensa dari kotaknya. Untuk itu gunakan chamois… Lap kulit yang lembut ini menyerap kotoran dan kelembaban tanpa merusak permukaan kaca lensa yang delicate.”


“Untuk merawat peralatan fotografi, saya hanya mengandalkan kantong plastik, handuk, dan sehelai chamois untuk membersihkan bagian depan lensa. Zaman dahulu kamera lebih tahan basah.

“Saya tidak yakin kamera dengan teknologi digital zaman sekarang bisa seperti itu..”
(Rodolfo Gonzalez – Jurnalis Fotografi Pemenang Pulitzer tahun 2000.


“Untuk melindungi kamera dari cipratan air, ada cara lain selain menggunakan alat khusus seperti waterproof housing , yaitu andalkan konstruksi kamera profesional Nikon yang tahan air. Kalau cuaca teramat basah, baru saya menggunakan jaket atau jas hujan untuk melindungi kamera. Jangan lupa juga selalu kantongi sehelai chamois untuk mengelap kamera dengan segera setiap kali terciprat air. Setiba kembali di studio, seluruh peralatan harus dilap kembali dengan larutan pembersih contact lens agar garam dan air yang menempel di sela-sela kamera terangkat.

0 komentar: